Pawai Taaruf 1438H / 2016

Bagikan Artikel

Tahun Baru Islam 2016 jatuh pada hari Minggu besok, tanggal 2 Oktober. Dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah yang bersamaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2016, KUA Takeran menyelenggarakan pawai taaruf yang dimeriahkan oleh seluruh madrasah yang ada di bawah naungan Kementerian Agama Wilayah Kecamatan Takeran, yang terdiri dari RA, MI, MTs, MA Negeri dan Swasta.

Peserta sangat antuasias sekali dalam mengikuti acara tersebut, karena dengan digelarnya acara tersebut dapat memperkuat ukhuwah islamiyah antar madrasah satu dengan lainnya dan antar madrasah dengan masyarakat. Disamping dapat memperkuat ukhuwah, acara pawai taaruf menjadi momen penting bagi siswa-siswi untuk meningkatkan kreatifitas seni siswa yang tercurahkan dalam berbagai macam model pameran yang bisa dilihat publik.

Berikut sejarah dan makna mendalam dibalik 1 Muharram 1438 yang harus Anda tahu. Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Bulan Muharram menjadi salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Tahun baru Islam adalah pergantian tahun dalam kalender Islam yang berlandaskan pada perhitungan bulan. Yang perlu Anda ketahui, tahun baru Islam sudah dihitung sejak Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah itulah yang membuat kalender Islam disebut dengan kalender Hijriyah. Peristiwa hijrahnya nabi ke Madinah sangat penting, yakni Islam lahir menjadi agama yang semakin berjaya.

Karena hijrahnya Nabi Muhammad SAW tersebut agama Islam semakin berkembang di Madinah dan meluas ke daerah sekitar. Rasulullah hijrah setelah mendapat wahyu dan juga sebagai tanggapan terhadap masyarakat Arab yang kala itu kurang setuju dengan ajaran Islam.

Dengan hijrahnya Rasulullah Islam semakin memiliki kekuatan dan negara Islam mulai terbentuk. Pada piagam Madinah tertera bahwa di zaman Nabi Muhammad SAW daulah Islamiyah sangat menghargai toleransi.

Jadi peristiwa hijrahnya nabi merupakan puncak kejayaan Islam menjadi agama yang membawa kebaikan dan kebenaran untuk diajarkan kepada umatnya. Itulah sebabnya peritiwa itu dijadikan dasar penentuan kalender Islam atau Hijriyah.

Bagikan Artikel
, , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *