Khotmil Qur’an 2016

Bagikan Artikel

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Takeran (MIN Takeran / MIN 2 Magetan) mempunyai tradisi yang unik yaitu acara khotmil Qur’an, dalam bahasa daerah disebut dengan istilah kataman Al Qur’an. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 9 Januari 2016 yang merupakan agenda tahunan MIN Takeran dan acara ini diikuti oleh siswa-siswi yang hampir selesai belajar (kelas 6) dan telah selesai membaca Al Qur’an 30 Juz. Biasanya acara ini diadakan berurutan dengan peringatan HAB Kemenag bulan januari atau setelah ujian semester ganjil.

Dengan berjalan menuju panggung diiringi music banjari yang dihadiri oleh orang tua / wali murid dan beberapa tokoh masyarakat, siswa-siswi tampil di panggung dan membaca satu persatu Surat yang ada di Juz 30 di panggung dihadapan para hadirin. Terakhir mereka membaca do’a khotmil Qur’an.

Acara ini merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi siswa-siswi. Mereka bangga karena sudah selesai belajar membaca Al Qur’an dan telah selesai membaca Al Qur’an.  Bangga karena mereka bisa tampil  di panggung yang dihadiri oleh orang tua / wali murid dan tokoh masyarakat yang salah satunya adalah tokoh agama islam dari Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM Takeran). Untuk tahap berikutnya diharapkan mereka bisa meneruskan belajar Al Qur’an untuk pendalaman, yaitu tafsir Al Qur’an di jenjang berikutnya.

Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *